Kamis, 29 Maret 2012

SAP MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN


STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Mata Kuliah                          :  Strategi  Pembelajaran Matematika
Bobot SKS                             :  4 SKS
Program Studi                       :  Pendidikan Matematika
Semester                                 :  IV (empat)
Mata Kuliah Prasyarat        :  Telaah Materi matematika SMP dan SMA,  Workshop Pembelajaran Matematika.
Dosen Pengampu                  :  Dra. Risnawati, M.Pd
A.    Deskripsi Perkuliahan
Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai upaya menata faktor eksternal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Meningkatkan kapabilitas mahasiswa untuk dapat belajar lebih mudah dan efektif. Pemahaman karakteristik matematika sekolah, pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar serta karakteristik bahan ajar matematika. Dasar pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran, pemahaman model, pendekatan, strategi dan metode serta teknik pembelajaran matematika merupak hal yang sangat urgen dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif dan kreatif. Berbagai contoh penyusunan model, pendekatan strategi dan teknik pembelajaran dan contoh-contoh terbaik dalam implementasi (best practicec) tentang strategi pembelajaran. Menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran di kelas.
B.     Tujuan  Perkuliahan

1.      Kompetensi Umum
Setelah berakhirnya mata kuliah ini  mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika  Fakultas Tarbiyah & Keguruan yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
a.    Memahami konsep belajar dan pembelajaran matematika
b.   Defenisi, ruang lingkup, tujuan kegiatan strategi pembelajaran.
c. Variabel/konsep-konsep yang terkait dengan strategi pembelajaran: Strategi; metode;  teknik; taktik; dan gaya pembelajaran.
d.   Karakteristik : karakteristik matematika sekolah/bidang studi matematika; kendala
karakteristik peserta didik.
e.       Dasar pertimbangan pemilihan sumber belajar yang meliputi pemanfaatan sumber belajar yang didesain dalam pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar yang non desain dalam pembelajaran
f.  Melakukan penataan komponen ekstenal untuk mendukung terjadinya pembelajaran efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal
g.   Mengidentifikasi konsep-konsep pembelajaran  yang berlaku pada seluruh model dan pendekatan pembelajaran.
h.   Menelaah konsep-konsep yang berkaitan dengan strategi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan aplikasinya dalam pembelajaran matematika.
i.     Menelaah kasus-kasus pembelajaran di kelas dan upaya strategi pembelajarannya.

2.     Kompetensi Khusus
Setelah berakhirnya mata kuliah ini  mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika  Fakultas Tarbiyah & Keguruan  yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
a.    Menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran
b.   Menjelaskan hakekat pembelajaran
c.    Menjelaskan Konsep Strategi  Pembelajaran
d.   Mengidentifikasi taksonomi variabel  Pembelajaran
e.    Membedakan Metode, teknik dan pendekatan
f.    Mengidentifikasi karakteristik internal peserta didik
g.   Pengelanan Konsep-konsep pembelajaran
h.   Macam-macam metode mengajar dan penerapannya dalam pengajaran matematika; kriteria pemilihan metode menajar yang tepat
i.     Strategi Pembelajaran  yang berorientasi pada Aktivitas Peserta Didik
j.  Model Pembelajaran Cooperative Learning dan Implementasinya dalam pembelajaran MTK.
k. Pemberdayaan teknologi dalam pembelajaran matematika Implementasinya dalam     pembelajaran MTK.
l.    Pendekatan pembelajaran  pemecahan masalah dan Implementasinya dalam pembelajaran MTK.
m. Pendekatan pembelajaran  open-ended dan Implementasinya dalam pembelajaran MTK
n. Model pengajaran Teman sebaya sebagai sumber belajar dan Implementasinya dalam pembelajaran MTK.
o. Model Pembelajaran Matematika Terpadu dan Implementasinya dalam pembelajaran MTK.
p.  Pendekatan  Pembelajaran Konstruktivis dan Implementasinya dalam pembelajaran MTK.
q.   Pendekatan pembelajaran  realistik dan Implementasinya dalam pembelajaran MTK Pertanyaan, Klasifikasi pertanyaan yang menyangkut bidang kognitif.
r.     Teknik bertanya dan memberi motivasi.
s.    Pembahasan Kasus pembelajaran di kelas.

C.    Kegiatan Perkuliahan
Strategi dan metode yang digunakan:
1.      Mahasiswa diberi tugas untuk menelaah sumber-sumber/referensi yang berkaitan dengan materi-materi yang ada dalam silabus, agar terjadinya interaktif antara dosen dan mahasiswa. 
2.   Menerapkan model-model pengajaran interaktif yang berpusat pada dosen (Ekspositori, presentasi dan penjelasan; pengajaran langsung)
3. Menerapkan model-model pengajran interaktif yang berpusat pada mahasiswa (Penugasan    secara kelompok dan presentasi atas hasil penelusuran dan kajian, problem base learning) terhadap strategi pembelajaran yang ditetapkan).
4. Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di kelas.
5.      Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber strategi pembelajaran.
6.      Problem based learning dan proses dalam kelompok.

D.    Evaluasi

1.      Kreteria: Kriteria evaluasi untuk tugas kelompok  dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran.
2.      Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: konsep dasar, dan relevansi dalam kegiatan pembelajaran
3.      Penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi      saran, pertanyaan dan membuat kesimpulan.
4.      Nilai Mid Semester  diambil dari hasil formulir dari pertemuan 1-7 Problem based learning
5.      Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas tugas terstruktr, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 15 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 35 % dan Ujian Akhir Semester  35 %.
V.    Jabaran kegiatan Perkuliahan dalam  Pertemuan
Waktu
Pertemuan ke
Materi
Ket
200 Menit
I
1.      Kontrak kuliah
2.      Konsep dasar belajar dan pembelajan
a.       Sistem Perkuliahan
b.      Hakekat Pembelajaran
c.       Kiat belajar Efektif bagi mahasiswa
Dosen melalui strategi kelompok pendengar (kel penanya, pendukung, penolak dan pemberi contoh).
100 Menit
II
Karakteristik :
1.      Karakteristik matematika sekolah/bidang studi matematika (pengertian matematika sekolah, fungsi matematika sekolah, tujuan pembelajaran matematika sekolah, peran matematika sekolah, faktor-faktor yang mempengaruhi sekolah)
2.      Strategi pembelajaran matematika di SLTP/SLTA.
3.      Karakteristik peserta didik.
Presentasi mhs, & Problem Solving
100 Menit

III
Model Pembelajaran MTK
1.  Hakekat Pembelajaran MTK
2.  Cooperative Learning dalam Pembel MTK
a.       Hekekat
b.      Penggunaan Cooperative Learning
c.       Contoh Penggunaan Cooperative Learning dlm pembelajaran MTK

Presentasi mhs, & Problem Solving
100 Menit
IV
Model Pembelajaran MTK
3.      Pengajaran Teman Sebaya sebagai Sumber Belajar.
a.    Hakekat
b.    Penggunaan Teman Sebaya
c.    Contoh Teman Sebaya dlm pembelajaran MTK.
Presentasi mhs, & Problem Solving
100 Menit
V
Model Pembelajaran MTK
4.      Pemberdayaan Teknologi dalam Pembelajaran MTK.
a.    Kalkulator sebagai Alat Pembelajaran MTK
b.    Kegiatan MTK dg Kalkulator
c.    Komputer dlm Pembelajaran MTK
d.   Contoh pembelajaran MTK dengan Komputer
Presentasi mhs, & Problem Solving
100 Menit
VI
Model Pembelajaran MTK
5.      Pembelajaran Matematika Terpadu
a.    Hakekat Pembelajaran Matematika
b.    Mengembangkan Strategi Pembelajaran MTK Terpadu.
Presentasi mhs, & Problem Solving
100 Menit
VII
Pendekatan Pembelajara Matematika
1.      Hakekat Pendekatan Matematika
2.      Pendekatan Konstruktivisme
a.       Belajar MTK Menurut Paham Konstruktivisme
b.      Pembelajaran Konstruktivis dalam Matemtika
c.       Implementasi Konstruktvis dalam Pembelajaran MTK
d.      Evaluasi Pembelajaran MTK Menurut Konstruktivisme.
Presentasi mhs, & Problem Solving

VIII
Pendekatan Pembelajaran Matematika
3.      Pendekatan Pemecahan Masalah MTK
a.       Masalah dan Pemecahan Masalah
b.      Cara Mengajarkan Pemecahan Masalah
c.       Strategi Pemecahan masalah
d.      Pentingnya Pemeriksaan kembali Hasil (Looking Back)
e.       Meta Kognisi
f.       Contoh Pembelajaran Pemecahan Masalah.
Presentasi mhs, & Problem Solving

IX
Pendekatan Pembelajaran Matematika
4.      Pendekatan Open-Ended dlm pembelajaran MTK
a.       Hakekat Pendekatan Open-Ended
b.      Orientasi Pendekatan Open-Ended dlm Pembelajaran MTK
c.       Mengkonstruksi Problem
d.      Keunggulan dan Kelemahan Pendekatan Open-Ended
e.       Contoh Pendekatan Open-Ended dlm Pembelajaran MTK.
Presentasi mhs, & Problem Solving

X
Pendekatan Pembelajaran Matematika
5.      Pembelajaran Mtk Dg Pendekaan Realistik.
a.       Inovasi Pembelajaran Mtk
b.      Pendekatan Realistik Diantara Pendekatan Lain Dlm Pembelajaran Mtk
c.       Prinsip Pembelajaran Realistik
d.      Pertimbangan Menggunakan Pendekatan Realistik
e.       Contoh Desain Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Realistik.
Presentasi mhs, & Problem Solving
100 Menit
XI
Strategi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik
1.      Hakekat Strategi Pembelajaran
2.      Kelebihan dan kekurangan
3.      Dasar pertimbangan pemilihan strategi
4.      Langkah pelaksanaan strategi pembelajaran
5.      Upaya pemecahan kasus pembelajaran
Presentasi mhs, & Problem Solving
100 Menit
XII
Metode dan Teknik Pembelajaran MTK
1.      Hakekat Strategi dan Teknik Pembelajaran MTK
2.      Keterampilan dasar Mengajar
a.       Macam-macam Keterampilan dasar Mengajar.
b.      Keterampilan Dasar Membuka dan Menutup Pelajaran
c.       Menggunakan KDM Membuka dan Menutup Pelajaran dlm Pembelajaran Matematika.
Presentasi mhs, & Problem Solving
100 Menit
XIII
Metode dan Teknik Pembelajaran MTK
3.      Metode-metode khusus dalam Pembelajaran MTK
a.       Ceramah  b. Ekapositori                            c.    Demonstrasi  d. Drill dan Metode latihan e. Tanya Jawab f.  Penemuan                    g.   Inkuiri   h. Permainan   i.  Pemberian Tugas.        
Presentasi mhs, & Problem Solving
100 Menit
XIV
Metode dan Teknik Pembelajaran MTK
4.      Teknik Bertanya dan Memberi Motivasi
a.       Taxonomi Bloom
b.      Strategi Mengajukan Pertanyaan
c.       Tipe-tipe Pertanyaan
d.      Mengembangkan Strategi Pertanyaan yang efektif
e.       Mendiagnosis dan Memberikan Motivasi Belajar.
Presentasi mhs, & Problem Solving
200 Menit
XV
UJIAN TENGAH SEMESTER

XVI
Menelaah kasus-kasus pembelajaran di kelas dan upaya strategi pembelajarannya
Presentasi makalah mahasiswa secra berkelompok dari kasus-kasus yang dialami MHS.
200 Menit
XVII-XXXI
Praktek beberapa Pembelajaran  aktif  materi SMP/SMA di SMTR II dan di kelas sendiri dan juga dengan change kelas, misalnya anak kelas A praktek strategi di kelas B, B di C, C di D serta D di B atau di C, pada lima bidang: Kalkulus, Geometri, Trigonometri, Statistik dan Aljabar
Mahasiswa memilih dan menyusun RPP, lalu mempraktekkan di semester II serara langsung berkolaborasi dengan dosen.
200 Menit
XXXII
UJIAN AKHIR SEMESTER

REFERENSI
1.         Russeffendi, (1991), Pengantar kepada Membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam  Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
2.         Muchtar A Karim dkk, (1997), Pendidikan Matematika I & II. Depdiknas DIKTI
3.         Max A. Sobel Evan M.Malestsky, (2003), Mengajar Matematika. Jakarta : Erlangga.
4.         Hisyam Zaini dkk, (2002), Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi.Yogyakarta : CTSD.
5.         Eric Jensen, (2010), Guru Super dan Super Teaching. Jakarta: PT Indeks
6.         Elaine, B. Jhonson (2007), Kontekstual Teaching and Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna), Bandung: MLC
7.         Daniel Muijs & David Reynold, (2008), Effective Teaching teori dan aplikasinya. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
8.         Jica (Jur. Pend. MIPA UPI), (2001), Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika.
9.         Richard I Arends, (2008), Learning to Teach. Jakarta: Pustaka Pelajar.
10.     Rosjidan dkk, (2001), Belajar dan Pembelajaran. Malang: Depdiknas. Universitas Negeri Malang.
11.     Paul Ginnis, (2008), Trik & Taktik Mengajar Startegi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT Indeks
12.     Muhammad Nurr, (2000), Strategi-strategi belajar.Surabaya : Unesa Press
13.     Muhammad Nurr, (2000), Pembelajaran berdasarkan Masalah. Surabaya : Unesa Press
14.     Muhammad Nurr dkk, (2000), Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan pendekatan Konstruktivis dalam mengajar. Surabaya : Unesa Press
15.     Suparman dkk, (2000), Pengajaran Langsung . Surabaya : UNESA
16.     Atma Murni, (2003), Pendekatan dalam  Pembelajaran Matematika. UNRI
17.     DIKTI (2002), Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta : DIKTI
18.     Wina Sanjaya, (2007), Strategi Pembelajaran  Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana
19.     Atwi Suparman, (1997), Desain Intruksional. Jakarta : Universitas Terbuka
20.     Kumandar, (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
21.     Martius Yani, (2003), Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Pers
22.     Anita Lie, (2007), Cooperatif Learning (Mempraktekan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas), Jakarta : Gramedia Widiya Sarana Indonesia
23.     Adi W. Gunawan (2004), Jeniua Learning Strategi, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
24.     Win Wenger (2000), Memadukan Quantum Teaching And Learning, Bandung : Nuansa
25.     Melvin L. Silbermen (2004), Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif), Bandung : Nusa Media dan Nuansa
26.     Pupuh Fathurrahman (2007), Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung : Aditama
27.     Elaine, B. Jhonson (2007), Kontekstual Teaching and Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna), Bandung :MLC
28.     Hernowo (2006), Menjadi guru dan mau dan mampu mengajar secara kreatif, Bandung : MLC
29.     M. Taufiq Amir, (2009), Inovasi Pendidikan Melalui Problem Base Learning. Jakarta: Kencana
30.     David A. Jacobsen dkk (2009), Methodes for Teaching (metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
31.      Joyce Bruce dkk. (2009), Model of Teaching (Model-model Pengajaran). Yokyakarta: Pustaka Pelajar.



Dosen Pengampu
Mata Kuliah



Dra. Risnawati, M.Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar